- Penjabaran
strategi posisi (positioning) yang diambil.
- Daftar tentang
bentuk, sifat, persyaratan dan spesifikasi produk yang harus ada dan sebaiknya
ada.
1. Struktur, disain,
dan iklim organisasi.
Pengembangan
produk baru bukan merupakan kegiatan disatu bagian atau departemen, melainkan
merupakan kegiatan multi disiplin dan multi-fungsi. Peran kelompok dan pimpinan
kelompok kerja sangat menentukan.
Tiga alternatif
struktur sangat menonjol :
a. Matriks yang imbang (balanced
matrix)
Seorang manajer
proyek ditugaskan untuk menangani proyek dan berkontribusi dalam tanggung-jawab
dan wewenang dengan para manajer fungsional: ada kebersamaan dalam menyetujui
dan mengarahkan.
b. Matriks proyek (project
matrix)
Seorang manajer
proyek ditugaskan untuk menangani proyek dan mempunyai tanggung-jawab serta
wewenang utama atas proyek. Para manajer fungsional menugaskan karyawan yang
diperlukan dan menyediakan keahlian teknis.
c. Kelompok proyek (project
team)
Seorang manajer
proyek diberi wewenang menangani kelompok yang terdiri dari anggota inti yang
berasal dari berbagai fungsi. Para manajer fungsional tidak mempunyai
keterlibatan dan wewenang formal.
Terlepas dari
bentuk mana yang dipilih, kepemimpinan proyek yang kuat dan adanya kewewenangan
formal sangatlah penting.
Iklim yang
ditumbuhkan harus memberi ganjaran dan mendorong adanya kreativitas dan inovasi
dan tersedianya sarana untuk melakukan usaha kreatif.
2. Mempercepat proses
produk baru.
Ada lima metode
dalam mempercepat proses produk baru tanpa merugikan kualitas dalam
pelaksanaannya, yaitu:
a. Lakukan langkah
pertama dengan tepat.
Pengulangan akan
memperpanjang waktu.
b. Pekerjaan rumah
dan definisi produk yang jelas.
Persiapan dengan
membuat pekerjaan rumah dan memperjelas produk/proyeknya.
c. Proyek diorganisir
secara kelompok multifungsi dan dengan diberi kewewenangan.
d. Proses dilakukan
secara berurutan, bersamaan, atau bertumpuk.
e. Proses bertahap
dengan mengikuti pedoman main (game plan)
Game plan
merupakan model pengembangan produk yang didasarkan konsep dan pegangan
operasional yang membawa dari tahap gagasan menuju pada pelansiran produk.
Model menjelaskan kegiatan dan tes yang dilalui. Pedoman yang disusun
meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pengembangan produk baru.
4.1
Proses Pengembangan Produk Baru
Model
pengembangan produk baru menurut Cooper terdiri dari lima pintu dan lima tahap.
”Pintu” adalah kegiatan menilai apakah proses dilanjutkan atau tidak. “Tahap”
adalah kegiatan yang dalam model Cooper adalah
:
a. Penyelidikan awal.
b. Penyelidikan
mendalam.
c. Pengembangan.
d. Percobaan dan
penilaian.
e. Produksi penuh dan
pelansiran pemasaran.
BAB IV
PENYUSUNAN
RENCANA USAHA
I.
DEFINISI RENCANA USAHA DAN MANFAAT RENCANA USAHA
Rencana Usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh seorang wirausaha yang menggambarkan hubungan faktor-faktor
internal dan eksternal yang terlibat dalam memulai bisnis baru.
Faktor-faktor fungsional yang terintegrasi :
-
pemasaran
-
keuangan
-
manufacturing (operasi)
-
sumberdaya manusia
Pihak lain yang terlibat pembuatan Rencana Usaha selain Wirausahawan :
1. Lawyers (Ahli
Hukum)
2. Akuntan
3. Konsultan
Pemasaran
4. Engineers
Pihak-Pihak yang membutuhkan Manfaat dari Rencana Usaha :
1. Pegawai
Pegawai membutuhkan Rencana Usaha
(RU) untuk mengetahui perkembangan perusahaan tempat mereka bekerja karena
dengan begitu mereka akan mengetahui manfaat positif maupun negatif dari
Rencana Usaha terhadap mereka.
Manfaat positif yang mungkin timbul :
A. RU membutuhkan penempatan
SDM sehingga dimungkinkan adanya penggunaan dari pegawai yang sudah ada untuk
ditempatkan (mutasi) yang membuat peningkatan jenjang karir ataupun gaji.
B. RU yang siap
dijalankan akan membutuhkan SDM baru dan memerlukan pengrekrutan SDM sehingga
akan mengurangi jumlah pengangguran.
Manfaat negatif
yang mungkin timbul adalah apabila RU dari perusahaan yang sudah ada berbeda
dengan bisnis yang sudah dijalankan dan perusahaan akan beralih ke RU tersebut
dapat mengakibatkan SDM yang sudah ada terancam di PHK karena tidak memiliki
keahlian yang dibutuhkan dalam RU.
2. Investor
Manfaat Rencana Usaha (RU) bagi
investor adalah untuk mengetahui apakah dana yang akan diinvestasikan oleh
investor tersebut dapat menghasilkan manfaat (keuntungan) seperti yang diharapkan
oleh investor serta resiko yang akan dihadapi investor bila berinvestasi.
3. Bankers
Manfaat Rencana Usaha (RU) bagi
bankers adalah apabila wirausahawan membutuhkan dana pinjaman usaha ke bank
maka bankers melihat kelayakan pinjaman berdasarkan RU untuk menentukan jumlah
agunan, jumlah pinjaman serta waktu dan tingkat pengembalian yang sesuai.
4.
Modal Ventura
Manfaat Rencana Usaha (RU) bagi Modal Ventura adalah sama dengan manfaat
RU bagi bankers.
5. Supplier
Manfaat Rencana Usaha (RU) bagi
Supplier adalah untuk mengetahui kegiatan operational usaha dari RU berdasarkan
waktu, jumlah dan jenis produksi, serta kuantitas dan kualitas bahan baku dan
penunjang yang diperlukan sehingga para supplier dapat memenuhi kebutuhan
tersebut.
6. Konsumen
Manfaat Rencana Usaha (RU) bagi
Konsumen adalah untuk mengetahui apakah ada perubahan kuantitas dan kualitas
produk yang akan mempengaruhi konsumsi mereka akan produk tersebut. Sedangkan
RU untuk bisnis baru bermanfaat bagi konsumen dalam melihat seberapa besar
manfaat yang dapat diterima bila menggunakan produk tersebut.
7. Advisor
(Penasehat) dan Konsultan
Manfaat Rencana Usaha (RU) bagi
Advisor (Penasehat) dan Konsultan adalah untuk melihat apakah diperlukan
perbaikan-perbaikan dalam semua faktor ex pemasaran, operasional, SDM, keuangan
dan lainnya agar Rencana Usaha dapat dijalankan tanpa adanya hambatan yang
berarti.
II.
PERSIAPAN RENCANA USAHA
Suatu bisnis / usaha dimulai dengan
adanya ide, oleh karena itu untuk merealisir suatu bisnis yang baik diperlukan
juga ide produk yang baik dan tepat. Langkah-langkah dibawah ini merupakan
salah satu cara untuk membantu dalam mendapatkan ide produk sampai terwujudnya
suatu bisnis.
III.
PEMBUATAN RENCANA USAHA (BUSINESS
PLAN)
A.
UMUM
1.
APA PRODUK KITA
Jenis produk / jasa yang ingin dibuat
/ dijual keistimewaannya secara umum dan khusus
1. DIMANA DAN MENGAPA
MEMILIH LOKASI USAHA
-
Peta tempat usaha
-
Alasan pribadi dan ekonomi memilih lokasi tersebut
B.
RENCANA PEMASARAN
1. SIAPA YANG AKAN
MENJADI PELANGGAN DAN DARIMANA MEREKA
Pedagang besar,
pengecer, perorangan, rumah tangga, sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah
dsb.
2. BAGAIMANA SAYA
DAPAT MENJELASKAN SETIAP PELANGGAN
Jelaskan kelompok
pelanggan yang berbeda untuk setiap produk, karakteristik dari anggota-anggota
setiap kelompok secara umum, dan siapa saja yang ingin dan mampu membeli produk
tersebut.
3. BERAPA UNIT YANG
AKAN DIBELI OLEH PELANGGAN DALAM SETAHUN
- Menetapkan
kelompok pelanggan untuk masing-masing produk
- Perkirakan jumlah
mereka
- Perkirakan berapa
sering mereka membeli
- Perkirakan berapa
banyak yang mereka beli dalam satu tahun
4. SIAPA YANG AKAN
MENJADI PESAING DAN BERAPA UNIT PRODUK YANG DAPAT MEREKA JUAL DALAM SETAHUN
Tentukan para
pesaing untuk setiap produk dan perkirakan berapa unit yang mereka dapat jual
dalam setahun
5. BERAPA UNIT PRODUK
MAKSIMAL YANG MUNGKIN DAPAT DIJUAL
Berdasarkan
peluang dan pesaing, perkirakan berapa banyak masing-masing produk yang dapat
dijual
6. BAGAIMANA
MEMPROMOSIKAN PRODUK YANG ADA
Jelaskan berapa
cara mempromosikan produk dan pesan yang tepat untuk calon pelanggan
7. BAGAIMANA
PERKEMBANGAN PERMINTAAN ATAS PRODUK DI PASAR
- Perkembangan
populasi di wilayah pasar
- Perkembangan
jumlah pelanggan
- Perkembangan
keinginan dan kemampuan membeli
8. BERAPA BANYAK
PRODUK YANG AKAN DIBUAT DAN DIJUAL PADA TAHUN PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
Buatlah perkiraan
jumlah unit utama yang akan dibuat dalam jangka tiga tahun pertama operasi
usaha
9. KUALITAS PRODUK
YANG BAGAIMANA YANG DIINGINKAN PELANGGAN
- Bentuk
(appearance) : keenakannya dipandang mata
- Penampilan
(performance) : punya arti tersendiri
- Keawetan
(durability) : tahan lama
- Keamanan (safety)
: tidak mencelakakan
- Kenyamanan
(comfort) : enak dirasakan
- Ekonomis (economy)
: dihubungkan dengan harga
10. BAGAIMANA KUALITAS
YANG DITAWARKAN
Perhatikan
keunggulan dan kelemahan produk pesaing
11. BERAPA HARGA JUAL
YANG DITENTUKAN
-
Biaya plus tingkat keuntungan tertentu
-
Memperhatikan harga pesaing
-
Harga promosi
C.
RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI
1. BAGAIMANA
LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMPRODUKSI SETIAP PRODUK
Jelaskan langkah-langkah produksi
untuk setiap produk dan juga waktu dari setiap langkah tersebut
2. MESIN, ALAT-ALAT
DAN PERLENGKAPAN APA SAJA YANG DIBUTUHKAN
Catat semua mesin, alat, perlengkapan
yang dibutuhkan dan jelaskan penggunaannya masing-masing
3. DIMANA MESIN.
ALAT, DAN PERLENGKAPAN TERSEBUT DIDAPAT / DIBELI DAN BERAPA BIAYANYA
4. BAGAIMANA
PERAWATAN / PEMELIHARAAN MESIN DILAKUKAN DAN APAKAH SUKU CADANGNYA TERSEDIA DI
PASAR SETEMPAT
- Jelaskan
tugas-tugas perawatan dan siapa yang melaksanakannya
- Dimana dan kapan
suku cadang didapat
5. BERAPA LUAS TEMPAT
YANG DIBUTUHKAN UNTUK BENGKEL KERJA
Gambar sketsa
tata ruang dan berapa luas total yang dibutuhkan
6. JENIS PEKERJA
LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN DAN KETRAMPILAN APA SAJA YANG DIMILIKI OLEH MEREKA
- Nama jenis
pekerjaan yang akan dilakukan dalam setiap langkah produksi / operasi
- Jelaskan kualifikasi
dan pengalaman yang harus mereka miliki
7. BERAPA PEKERJA
LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN UNTUK OPERASI TAHUN PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
8. TENAGA KERJA TIDAK
LANGSUNG APA YANG DIBUTUHKAN DAN KETRAMPILAN APA YANG HARUS MEREKA MILIKI
Supervisor,
sekretaris, manajer dll
9. BERAPA BESAR BIAYA
TOTAL UNTUK PEKERJA LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG
Biaya total
untuk pekerja langsung dan tidak langsung
10. JENIS BAHAN /
MATERIAL YANG DIBUTUHKAN DAN DIMANA MENDAPATKANNYA
Yang perlu diperhatikan untuk mencari
pemasok adalah: jauh-dekat, tersedia bila dibutuhkan, keragaman sediaan dan
syarat pembelian seperti kredit. Selain itu adalah harganya
11. BERAPA BANYAK
BAHAN LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN DAN BIAYA BAHAN PER UNIT PRODUK
Banyaknya bahan yang dibutuhkan
setiap produk dan biaya per unit produk
12. BERAPA BESAR BIAYA
BAHAN LANGSUNG TAHUN PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
13. BERAPA BANYAK
BAHAN TIDAK LANGSUNG YANG DIBUTUHKAN DAN BIAYANYA UNTUK OPERASI TAHUN PERTAMA,
KEDUA, DAN KETIGA
Untuk setiap tahun jelaskan jenis,
kualitas, dan biaya bahan tidak langsung yang dibutuhkan
D.
RENCANA ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1. LATAR BELAKANG
PENDIRI PERUSAHAAN
Pribadi para
pendiri, kepemilikan saham / modal
2. MANAJEMEN
PERUSAHAAN
Dewan komisaris dan manajemen,
personalia inti, struktur organisasi
3. KETENTUAN YANG
MENYANGKUT HUKUM
Perijinan,
lisensi, kontrak-kontrak usaha
4. HUBUNGAN DENGAN
LEMBAGA PENDUKUNG
Status hubungan bank, jaminan
tersedia, jenis dan jumlah kredit yang dibutuhkan
5. LINGKUNGAN TEMPAT
USAHA
Daerah
industri, perdagangan atau pemukiman
E.
RENCANA KEUANGAN
1. BERAPA BESAR BIAYA
UMUM UNTUK TAHUN PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut